by Abu Zubayr

Pengenalan Awal Database

Pengenalan Awal Database
Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata database. Baik dilingkungan kantor tempat anda bekerja, industri dan tempat-tempat lainnya seringkali memakai istilah ini untuk menggambarkan sebuah penyimpanan data yang terogranisir.

Pada artikel ini saya mencoba menjelaskan mengenai database tersebut tetapi dari segi ilmu komputer. Jika anda bercita-cita ingin menjadi seorang database administrator ataupun ingin menjadi seorang programmer, maka mau tidak mau anda harus menguasai yang namanya database ini.

Baiklah, artikel ini saya mulai dengan pengertian database itu sendiri, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan yang lebih khusus.

Pengertian Database
Ada banyak pengertian mengenai database yang dikemukan oleh para ahli. Saya akan merangkum penjelasan mengenai database ini agar mudah dipahami.

Database atau basis data adalah sekumpulan data yang disimpan secara sistematis yang disimpan di komputer dan diolah ataupun dimanipulasi oleh software (perangkat lunak) untuk menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi penggunanya.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa untuk mengelola database ini diperlukan sebuah software (perangkat lunak) tertentu. software tersebut dalam ilmu komputer dikenal dengan nama DBMS dan RDBMS.

DBMS (Database Management System)
Database Management System atau Sistem Manajemen Basis data merupakan software yang digunakan untuk melakukan pengelolaan database itu sendiri. Pengelolaan disini mencakup pembuatan, penghapusan, akses, modifikasi, serta melakukan analisa terhadap data yang ada. Tujuan utama dari DBMS ini adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna. Dimana sistem akan menyembunyikan informasi mengenai bagaimana data tersebut disimpan, dipelihara dan tetap dapat diakses secara efisien. Yang dimaksud efisien disini adalah bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi masih tetap bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui komplteksitas strukturnya.

RDBMS (Relational Database Management System)
RDBMS merupakan salah satu jenis DBMS dimana model database ini mampu merepresentasikan keterhubungan data pada sebuah tabel dengan tabel lainnya. Pada RDBMS ini nantinya kita akan menjumpai yang namanya foreign key atau kunci tamu yang digunakan untuk menghubungkan masing-masing tabel. Keunggulan dari RDBMS adalah dengan adanya konsep relasi ini sehingga mampu memperkecil terjadinya duplikasi data. Kemudian RDBMS juga memiliki integritas data yang lebih tinggi.
Banyak sekali perangkat lunak RDBMS diantaranya adalah MySQL, Oracle, MS. SQL, Firebird, PostgreSQL dan lainnya.

Beberapa istilah yang sering dijumpai pada saat berhadapan dengan database diantaranya adalah :
  1. Tipe Data
    Tipe data adalah jenis data yang digunakan untuk menentukan nilai pada sebuah field yang dibuat. Misalnya untuk data yang memuat nama seseorang, maka jenis atau tipe data-nya adalah huruf, atau untuk perhitungan tertentu maka tipe data-nya adalah berupa bilangan bulat atau desimal.
    Pada database, tipe data tersebut akan anda jumpai seperti tipe data char, varchar, text dan yang sejenisnya untuk sebuah field yang memiliki nilai huruf. Atau int, bigint, long yang digunakan untuk tipe data bilangan bulat. Dan masih banyak lagi tipe data yang ada, masing-masing terdapat perbedaan sesuai dengan RDBMS apa yang anda gunakan.
  2. Field
    Field merupakan kolom pada sebuah table. Seperti sebuah table barang yang memuat nomor barang, nama barang, harga dan lainnya itulah yang dinamakan dengan field. Setiap field ini nanti akan memiliki tipe data yang bisa mewakili nilai yang bisa ditampungya.

  3. Record
    Kumpulan field yang telah diisi nilainya yang terdiri dari satu atau lebih yang dihitung dalam satuan baris.

  4. Table
    Table merupakan sekumpulan data yang terdiri dari beberapa record dan field.

  5. SQL (Structured Query Language)
    SQL adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam sebuah database relasional. SQL merupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI yang digunakan dalam RDBMS.

  6. DDL (Data Definition Language)
    DDL adalah sekumpulan perintah SQL yang digunakan untuk mendefinisikan struktur database yang meliputi perintah :
    CREATE : Perintah untuk membuat tabel atau index
    ALTER : Perintah untuk melakukan perubahan struktur tabel
    RENAME : Perintah untuk mengubah nama skema
    DROP : Perintah untuk menghapus tabel ataupun index

  7. DML (Data Manipulation Language)
    DML merupakan sekumpulan perintah SQL yang digunakan untuk memanipulasi dan mengambil data pada record sebuah table database yang meliput perintah :
    SELECT : Perintah untuk mengambil/menampilkan data yang terdapat pada tabel
    INSERT : Menambahkan baris baru pada sebuah tabel
    UPDATE : Mengubah nilai baris tabel
    DELETE : Menghapus baris data pada sebuah table

  8. DCL (Data Creation Language)
    DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan keamanan dan hak akses pada sebuah database, table maupun field tertentu. Yang termasuk dalam DCL diantaranya adalah :
    GRANT : Perintah yang digunakan untuk memberikan hak akses bagi user
    REVOKE : Perintah yang digunakan untuk menghapus atau mencabut pada user tertentu
loading...
Share:

0 Comments:

Post a Comment

DigitalOcean Referral Badge
www.domainesia.com
Powered by Blogger.