by Abu Zubayr

Tombol Power Smartphone Android Anda Rusak ? Ini Solusinya

Tombol Power Smartphone Android Anda Rusak ? Ini Solusinya
 
Tombol power pada smartphone seringkali mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan tombol power lebih sering digunakan dibanding tombol-tombol lainnya. Pada saat tombol tersebut mengalami kerusakan, tentu akan membuat kita kesulitan untuk menghidupkan dan mematikan layar smartphone. Dan hal ini juga yang saya alami pada smartphone Asus Zenfone 5.

Smartphone Asus Zenfone 5 milik saya sebelumnya retak pada casing bagian sebelah kanan, tepatnya dibagian tombol power. Sehingga tombol karet untuk menekan power itu tidak dapat ditempelkan lagi. Hal ini menyebabkan smartphone tersebut sulit untuk dihidupkan dan dimatikan layarnya. Setelah mengalami hal ini, saya kemudian mencari aplikasi yang bisa menghidupkan dan mematikan layar smartphone android tanpa menekan tombol power.

Pada saat mencari aplikasi ini di Play Store, kita akan menjumpai banyak sekali developer yang mengembangkan aplikasi tersebut. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Ada yang bisa menghidupkan dan mematikan layar dengan tapping (dua ketukan/lebih), dan ada juga melalui tombol volume untuk menghidupkan layar.

Khusus aplikasi yang menggunakan tapping, mereka memanfaatkan Proxity Sensor. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sebuah objek tanpa adanya kontak fisik dalam jarak tertentu. Proxity Sensor digunakan pada saat kita melakukan pemanggilan, dimana pada saat smartphone ditempelkan atau mendekati wajah atau anggota tubuh lainnya maka layar akan mati secara otomatis.

Aplikasi yang menggunakan sensor ini untuk mengganti fungsi tombol power akan banyak menguras baterai. Karena selama layar smartphone hidup maupun mati maka sensor tersebut akan terus menerus dalam keadaan hidup. Oleh sebab itu, aplikasi yang menggunakan cara ini untuk mengganti fungsi tombol power kurang bagus menurut saya.

Saya juga sempat menggunakan aplikasi tersebut yang memanfaatkan Proxity Sensor. Tetapi mengingat Asus Zenfone 5 sangat boros baterai, akhirnya saya memilih untuk mencabut (uninstall) aplikasi tersebut dan kemudian menggantikannya dengan yang menggunakan tombol volume sebagai pengganti tombol power.

Nama aplikasi yang saya gunakan tersebut adalah “Volume Unlock” yang bisa anda download di Play Store.
aplikasi volume unlock di play store

Setelah menemukan aplikasi tersebut, install hingga selesai.
instalasi aplikasi volume unlock


Jika sudah di download, lakukan langkah-langkah berikut untuk pengaturan aplikasi.
  1. Buka aplikasi baru anda download tadi.
    aplikasi volume unlock

    tampilan pengaturan aplikasi volume unlock

  2. Lakukan pengaturan seperti berikut ini.
    pengaturan aplikasi volume unlock
  3. Untuk mematikan layar tekan widget Screen Off.
    widget screen off volume unlock

  4. Untuk pertama kali akan muncul form seperti gambar dibawah ini, kemudian tekan tombol aktif.
    pengaktifan volume unlock

  5. Selesai, dan kini anda sudah bisa mematikan layar dengan menekan widget Screen Off dan menghidupkannya dengan menggunakan tombol volume.
loading...
Share:

1 comment:

DigitalOcean Referral Badge
www.domainesia.com
Powered by Blogger.