by Abu Zubayr

Koneksi Database MySQL dengan Aplikasi Java

Koneksi Database MySQL dengan Aplikasi Java
Bismillah...

Pada tulisan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghubungkan/mengkoneksikan database MySQL yang telah dibuat dengan aplikasi java. Untuk menghubungkan aplikasi java ke database MySQL, diperlukan sebuah driver.

Setiap database tentunya berbeda pula driver yang digunakan. Secara umum terdapat dua buah API yang bisa digunakan untuk menghubungkan sebuah aplikasi java ke database, yaitu melalui ODBC atau JDBC.

ODBC (Open Database Connectivity) adalah API untuk koneksi database yang dikhususkan pada sistem operasi windows saja. ODBC dibuat tidak hanya untuk satu bahasa pemrograman, akan tetapi juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya.

Sedangkan JDBC (Java Database Connection) adalah API yang secara khusus dibuat untuk platform java dalam menangani koneksi-koneksi ke database. Driver yang akan kita gunakan nanti adalah mysql-connector yang berasal dari turunan JDBC itu sendiri.

Selanjutnya adalah persiapkan terlebih dahulu mysql-connector anda. Jika anda belum memilikinya langsung saja diunduh dari link ini http://sh.st/43EMJ. Jika driver-nya sudah anda miliki, selanjutnya langsung saja kita masuki pembuatan koneksi tersebut.

Disini saya memberikan contoh mengkoneksikan sebuah database yang sebelumnya sudah saya buat. Jika anda belum membuat database tersebut, bisa dilihat cara pembuatan database-nya disini http://www.indocelik.com/2017/01/cara-menjalankan-mysql-server-dan-membuat-database.html. Atau dengan database lain yang sudah anda buat.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Tambahkan mysql-connector yang sudah anda unduh sebelumnya dengan klik kanan di bagian Libraries, dan pilih Add JAR/Folder.
    menambahkan driver mysql-connector


  2. Selanjutnya pilih driver mysql-connection yang sudah anda unduh sebelumnya.
    memilih driver mysql-connector


  3. Kemudian pada bagian Source Packages, buat sebuah kelas dengan nama KoneksiDB.java, dan isikan dengan kode dibawah ini.
    package az.jdbc;
    
    import java.sql.Connection;
    import java.sql.DriverManager;
    import java.sql.SQLException;
    
    public class KoneksiDB {    
        public static String USERNAME = "root";// username yang digunakan untuk mengakses database tersebut
        public static String PASSWORD = "";// password yang digunakan untuk mengakses database tersebut. Jika tidak menggunakan password, kosongkan saja bagian tersebut
        public static int PORT = 3306;//port mysql
        public static String DATABASE = "akademik";// database yang akan dikoneksikan
        public static String IP_ADDRESS = "localhost";// ip address server MySQL. Jika dengan koneksi LAN atau internet ganti dengan nomor ip komputer server tempat dimana menginstal MySQL Server
        
        public static final Connection connect(){
            Connection con=null; // inisialisasi interface Connection
            try{
                Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");// driver
                con=DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://"+IP_ADDRESS+":"+PORT+"/"+DATABASE, 
                        USERNAME, PASSWORD);// menghubungkan database dengan method getConnection menggunakan atribut yang telah di definisikan diatas
                System.out.println("Koneksi berhasil !");
            }
            catch(ClassNotFoundException | SQLException e){
                System.out.println("Koneksi Gagal !\n"+e.getMessage());
            }
            return con;
        }
    }
    

  4. Untuk menguji apakah koneksi yang dibuat berhasil atau tidak, buat sebuah kelas misalnya dengan nama TestKoneksi.java. Lalu masukkan kode seperti berikut ini :
    package az.jdbc;
    
    public class TestKoneksi {
        public static void main(String[]args){
            KoneksiDB.connect();
        }
    }
    

  5. Jalankan kelas TestKoneksi.java diatas. Jika hasilnya adalah “Koneksi berhasil !”, maka atribut yang telah anda masukkan telah benar semuanya. Jika tidak, periksa kembali atribut tersebut dengan benar.

Demikianlah tutorial Koneksi Database MySQL dengan Aplikasi Java. Semoga ada manfaatnya bagi anda dan saya. Jika ada yang belum dipahami silahkan bertanya di form komentar dibawah. Jika ingin mengupdate secara rutin artikel yang kami posting dari blog ini, silahkan isi email pada Follow by Email dibawah.

Terima Kasih … Wassalam
loading...
Share:

0 Comments:

Post a Comment

DigitalOcean Referral Badge
www.domainesia.com
Powered by Blogger.