by Abu Zubayr

Google Pixel, The King of Google Smartphone

google pixel and pixel xl
sumber foto : www.droid-life.com
Pada Oktober kemarin google kembali meluncurkan smartphone terbaru miliknya yaitu Google Pixel dan Google Pixel XL. Smartphone ini disebut sebagai “Phone by Google” yang juga sekaligus sebagai pengganti Nexus, dan digadang-gadang sebagai pesaing berat smartphone kelas atas terutama iPhone 7.

Kedua smartphone ini (Pixel dan Pixel XL) sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama, yang berbeda adalah ukuran dan resolusi layar, serta kapasitas daya baterai. Untuk Pixel, ukuran layar sebesar 5 inch dengan resolusi 1080 piksel. Sedangkan Pixel XL memiliki ukuran yang sedikit lebih besar yakni 5.5 inch beresolusi Quad HD. Kedua smartphone ini dimotori oleh prosesor Qualcom Snapdragon 821, dengan sistem operasi android terbaru yakni Android Noughat 7.1. Keduanya pun terlihat elegan dengan dibalut alumunium dan kaca.

Untuk ukuran RAM, kedua smartphone ini dipasang sebesar 4 GB didukung media penyimpanan internal yang tersedia dengan ukuran 32 GB atau 128 GB. Selain itu, kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan finger print, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 dan USB Type C sebagai fitur pengisian daya cepat (fast charging) yang hanya memerlukan waktu pengisian selama kurang lebih 15 menit. Dari segi baterai, Pixel memiliki daya 2.770 mAH sedangkan Pixel XL sebesar 3.450 mAH.

Kedatangan ponsel pintar Google Pixel ini mengusung sejumlah fitur baru diantaranya adalah Google Assistant. Google Assistant merupakan asisten cerdas yang dibuat untuk mampu mengenali perintah suara dan melakukan respon secara alami layaknya manusia. Misalnya kita bertanya mengenai cuaca, hasil pertandingan bola hingga melakukan percakapan sederhana. Sebenarnya fitur ini mirip-mirip seperti Google Now yang sudah ada sebelumnya. Namun Google Now dianggap kurang dan tidak memiliki fitur yang mumpuni untuk mendampingi smartphone terbarunya.

Dari sisi kamera, Google Pixel layak dinyatakan raja di kelasnya. Dengan resolusi kamera sebesar 12.3 megapixel, kedua smartphone ini mencatat nilai 89 di DxOMark yang merupakan situs analisis kamera terpercaya. Dengan angka tersebut, Google Pixel mencatat nilai tertinggi di kelas kamera smartphone berada diatas iPhone 7 yang memiliki nilai 86.

Kemudian selanjutnya yang diunggulkan dari kamera Google Pixel adalah hadirnya fitur video stabilization berbasis gyroscope. Dimana dengan fitur ini pengambilan video akan tetap stabil meskipun kita tidak memegang smartphone tersebut dengan baik.

Google juga tampaknya berbaik hati kepada pengguna dengan menambahkan fitur Google Photos built in. Yaitu fitur penyimpanan foto dan video cloud storage tanpa batas. Dan menjanjikan foto yang disimpan tersebut dengan resolusi penuh, serta video berkualitas 4K tanpa memungut biaya sepeserpun dari penggunanya. Kemudian dari segi konektivitas, pengguna Pixel akan mendapatkan tempat istimewa disisi google dengan update Android terbaru secara langsung dan sesegera mungkin saat tersedia.

Dan yang tak ketinggalan adalah hadirnya fitur Virtual Reality dengan Daydream View dari smartphone ini. Daydream View dilengkapi dengan sebuah remote kecil yang peka terhadap gerakan. Remote ini sangat akurat dalam menerjemahkan gerakan, sampai-sampai google mengatakan bahwa pengguna dapat menggambar menggunakan remote tersebut.

Untuk harga, smartphone ini berkisar antara US$ 649 atau Rp.8,7 Juta. Sebuah harga yang wajar tentunya untuk sebuah smartphone yang memiliki sejumlah fitur teknologi masa kini. Nah, jika anda tertarik untuk memiliki smartphone ini, anda bisa memesannya langsung melalui Google Store.

Wassalam...
loading...
Share:

0 Comments:

Post a Comment

DigitalOcean Referral Badge
www.domainesia.com
Powered by Blogger.